Portaltuban.com
Jumat, 31 Mei 2019  13:30

EMCL Beri Akses Air Bersih,1800 Meter Saluran Baru Bagi Warga Ngimbang

EMCL Beri Akses Air Bersih,1800 Meter Saluran Baru Bagi Warga Ngimbang
Secara simbolis bantuan ini diserahkan ke pengurus HIPPAM Tirto Langgeng Desa Ngimbang

Portaltuban.com – Warga Desa Ngimbang, Kecamatan Palang harus tersenyum sumringah setelah SKK Migas dan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) mewujudkan janjinya memberikan akses air bersih sepanjang 1800 meter ke warga. Hal ini bentuk kepedulian perusahaan kepada warga yang selama 6 tahun warga desa setempat belum sepenuhnya mendapatkan air bersih. Serah terima program dari perusahaan ke Pemdes setempat ini digelar resmi di kantor desa, Jum’at sore (31/05).

 

Ketua Himpunan Penduduk Pemakain Air Minum (HIPPAM) Tirto Langgeng, Wardoyo mengatakan berkat program dari perusahaan ini pihaknya meneruskan pengelolaan air bersih ini ke seluruh warga Ngimbang. Program ini menurutnya sangat membantu karena selama enam tahun belum sepenuhnya warga di desanya mempunyai akses air bersih.

 

“Program ini memberi manfaat betul bagi masyarakat,” tambah Wardoyo.

 

Penambahan 1800 meter jaringan air bersih, lanjut Wardoyo, berawal sejak 2012 telah berhasil diteruskan secara mandiri oleh warga sekitar. Bahkan, HIPPAM Tirto Langgeng pernah mendapatkan penghargaan HIPPAM terbaik kategori “Menengah” di tingkat Kabupaten Tuban dan Provinsi Jawa Timur. Sebelumnya ada 803 saluran air bersih ke rumah warga,sehingga memberikan manfaat kepada lebih dari 2.400 warga. 

 

Senada dengan Pelaksana Harian Kepala Desa Ngimbang M. Ainur Rofiq atas dukungan dari EMCL program air bersih ini bisa langsung dimanfaatkan oleh warganya. Ke depan diharapkan program yang bermanfaat bagi masyarakat Ngimbang selalu diharapkan, guna terwujudnya Desa Ngimbang yang lebih makmur dan sejahtera dari segala aspek kebutuhan primer, seperti halnya pemerataan saluran air bersih yang kini telah dimanfaatkan warga.

 

“Terima kasih kepada EMCL, ini program yang bermanfaat sekali,” kata Ainur Rofiq.

 

Selain serah terima saluran air bersih, perusahaan minyak ini juga memberikan santunan 100 anak yatim piatu serta rumah tangga pra sejahtera yang berasal dari wilayah sekitar oleh perwakilan HIPPAM Tirto Langgeng.

 

Public & Government Affairs, EMCL Rifqi Romadhon mengapresiasi Pemerintah Desa Ngimbang dan pengurus HIPPAM yang bersama-sama dapat mengelola dan mengembangkan fasilitas air bersih yang kami dukung sejak tahun 2012.

 

“Kedepannya, semoga program ini dapat semakin bermanfaat bagi masyarakat luas,” Harap Rifqi. [Amin]