Portaltuban.com
Selasa, 11 Desember 2018  15:00

BPJS Kesehatan Sosialisasikan Rujukan Online Melalui Media Gathering

BPJS Kesehatan Sosialisasikan Rujukan Online Melalui Media Gathering
Acara sedang berlangsung di rumah makan putri asih

Portaltuban.com - BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro mengadakan media gathering guna menjalin silaturahmi dengan rekan-rekan media di wilayah Kabupaten Tuban, di rumah makan putri asih di Tuban pada Senin (10/12).

 

Kepala Bidang SDM, Umum, dan Komunikasi Publik Achmad Yatim mengatakan pada dasarnya sistem rujukan berjenjang ini bukanlah hal yang baru dan sudah lama ada. Namun kini BPJS Kesehatan menuangkannya dalam bentuk online bukan manual lagi.

 

“Sistem ini berprinsip untuk memudahkan peserta dalam mengakses pelayanan kesehatan di tingkat lanjutan," ucap Achmad.

 

Dilanjutkan pemaparan materi oleh Heny Trianawati selaku Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan KC Bojonegoro menjelaskan sistem rujukan BPJS Kesehatan tidak berubah. Malah, peserta akan mendapatkan pelayanan yang tepat karena sesuai dengan kompetensi yang dimiliki pemberi pelayanan kesehatan.

 

Bagi peserta JKN-KIS, rujukan online dapat membantu peserta mendapatkan kepastian waktu pelayanan dengan kompetensi dan radius terdekat. Selain itu dapat meminimalisir adanya rujukan berulang kepada peserta dengan alasan tidak adanya SDM dan sarana yang dibutuhkan.

 

“Setelah melalui masa uji coba sebanyak 3 fase, rujukan online kini mulai dikenal. Lalu teredukasinya Fasilitas Kesetahan Tingkat Pertama (FKTP) untuk disiplin menggunakan aplikasi PCare. Selain itu teredukasinya Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) untuk senantiasa melengkapi dan meng-update data kompetensi dan sarana,” jelas Heny.

 

Rujukan online juga dapat mengurai antrean yang menumpuk pada fasilitas kesehatan penerima rujukan dengan memberikan beberapa opsi tujuan kepada peserta. Bagi FKTP, hal ini dapat membantu melakukan rujukan yang tepat sesuai dengan kompetensi dan sarana prasarana yang dibutuhkan.

 

"Melalui perslah informasi tersebut dapat terpublikasi. Maka dari itu BPJS Kesehatan membutuhkan kerjasama dengan rekan-rekan media pers untuk dapat membantu menyebarluaskan informasi terkini mengenai BPJS Kesehatan ke berbagai pelosok daerah," tutup Heny.

 

Sementara itu, sejumlah media yang hadir berharap acara serupa dapat diadakan secara rutin untuk memperkaya wawasan mengenai JKN-KIS dan perkembangannya. Harapannya komunikasi yang rutin serta efektif terus dibangun, sehingga perbaikan dan masukan-masukan konstruktif dapat diakomodir untuk penerapan rujukan online mendatang. [Amin]