Portaltuban.com
Selasa, 12 Maret 2019  09:45

Cantiknya, Wisata Petik Buah Jambu Kristal Dan Bunga Selosia

Cantiknya, Wisata Petik Buah Jambu Kristal Dan Bunga Selosia

Portaltuban.com- Wilayah Kabupaten Tuban di kenal dengan kawasan lahan yang tandus dan sulit di Tanami. Namun di tangan seorang petani, dua hektar lahan tandus di sulap menjadi lahan wisata petik buah jambu kristal.

 

Tidak hanya itu, di sisi kebun jambu kristal ini juga ada taman bunga. Taman bunga selosia namanya. Di lahan 400 Meter Persegi, bunga bunga berwarna merah dan kuning ini menjadi surga bagi para pengunjung untuk berswa-foto. Dengan latar belakang bunga nan indah warnanya in. Taman bunga selosia ini adalah satu satunya taman bunga yang berada di Kabupaten Tuban.

 

Taman bunga selosia ini warnanya yang mencolok merah dan kuning membuat mata yang menatapnya ingin mendekat karena keindahannya. Bunga selosia atau dalam bahasa jawanya adalah bunga cengger ayam ini di tanam di lahan tandus itu.

 

Para pengunjung di buat terpesona dengan keindahan bunga ini karena warnanya yang ngejreng. Di taman bunga ini para pengunjung bisa sepuasnya berswa-foto dengan latar belakang ribuan bunga selosia baik foto bersama keluarga atau kekasihnya.

 

Namun untuk masuk ke taman bunga selosia yang merupakan satu satunya taman bunga di tuban ini para pengunjung harus masuk ke kebun jambu kristal dahulu.

 

Di lahan seluas dua hektar ini pengunjung bisa sepuasnya memetik langsung jambu Kristal lalu menyantapnya di area kebun jambu. Bahkan pegunjung bisa dengan bebas dan memilih buah jambu yang akan di santap dengan banyak pilihan yang masih berada di pohon.

 

Untuk memetik dan makan jambu kristal di dalam lokasi kebun tidak di pungut biaya alias gratis. Namun jika membawanya pulang untuk satu kilogram jambu kristal yang rasanya manis ini dihargai seharga Rp. 20 Ribu.

 

Setiap hari libur sedikitnya seribu pengunjung yang masuk ke dalam lokasi kebun jambu kristal ini namun jika hari biasa/ pengunjung bisa mencapai empat ratus hingga lima ratus pengunjung.

 

“ini wisata petik jambu ada taman bunganya indah merah dan kuning, “ ujar Yunita Putri, salah satu pengunjung asal Kecamatan Semanding, Tuban, Selasa (12/3).

 

Rata rata pengunjung datang ke lokasi kebun jambu ini karena ingin menyantap dan langsung memetik buah jambu kristal yang masak di pohon. Selain itu pengunjung juga penasaran dengan keindahan bunga selosia yang eksotis itu. Untuk masuk ke lokasi wisata petik buah jambu kristal dan taman bunga selosia ini pegunjung hanya cukup membayar tiket seharga Rp. 10 Ribu / per orang.

 

Kebun buah jambu kristal dan taman bunga selosia ini  merupakan buah tangan seorang petani asal Dusun Simo, Desa Sukoharjo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban.  Dulunya lahan ini merupakan lahan tandus dan hanya bisa di tanami ketika musim penghujan saja karena merupakan lahan tadah hujan.

 

Namun di tangan Kusnadi lahan tandus itu kini menjadi lahan produktif dengan di tanami buah jambu Kristal. Sedikitnya ada 1.700 pohon jambu kristal ini yang di tanam di lahan seluas dua hektar.

 

Perjuangan petani 39 tahun ini tak sia sia. Selama 4 tahun dia merawat tanaman buah jambu kristal dan sekarang baru memasuki masa panen pertama. Kusnadi berhasil menyulap lahan tandus menjadi wisata petik buah jambu kristal dan taman bunga selosia.

 

Rata rata pengunjung yang datang ke wisata petik buah jambu kristal ini dari tuban dan luar daerah seperti Bojonegoro, Lamongan dan Gresik. Pengunjung dari wilayah Jawa Tengah pun juga mendominasi. Kusnadi memanfaatkan medsos untuk memviralkan wisata ini sehingga menarik pengunjung untuk datang ke lokasi wisata ini

 

 “ini ada dua hektar,  taman bunga selosia, “Kata Kusnadi. (Afi).