Portaltuban.com
Senin, 23 September 2019  12:00

Sekda Tuban Tekankan, Kades Harus Kreatif dan Inovatif

Sekda Tuban Tekankan, Kades Harus Kreatif dan Inovatif
Sekda Tuban Budi Wiyana saat memberikan sambutannya di salah satu hotel di Tuban

Portaltuban.com – Sekda Tuban Budi Wiyana menginstruksikan kepada kades baru agar pemerintah desa kreatif dan inovatif. Pengembangan desa berbasis potensi desa harus dikembangkan. Selain itu Kades harus bersinergi dengan BPD dan stakeholder lain.

 

Penyataan itu disampaikannya saat memberikan sambutan pada acara pembekalan kepada 237 kades baru di salah satu hotel di Tuban. Acara yang berlangsung selama empat hari (20-24/09/19) hari ini diinisiasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Keluarga Berencana Tuban (Dispemasdes KB).

 

Kata Sekretaris Daerah Tuban Budi Wiyana, untuk mencapai tujuan yang diharapkan Bupati Tuban tersebut, maka langkah strategis harus dipersiapkan dengan mengikuti pembekalan ini. Kades harus mematuhi peraturan maupun regulasi yang berlaku. Salah satunya berkaitan dengan pengelolaan dan pelaporan keuangan, dana desa, maupun aset desa lainnya.

 

"Kepala Desa harus berpartisipasi aktif," pesan Budi Wiyana.

 

Selain itu, Kades harus bisa menyatukan seluruh element masyarakat, mampu menjaga kondisi desa agar tetap guyub, aman, dan tertib. Selain itu harus bersinergi dengan pemerintah kecamatan.

 

Di samping itu, janji politik dan permasalahan di desa harus dituangkan dalam Musrenbang desa dan RAPBDes. Progam pembangunan desa juga dapatnya diselaraskan dan disinergikan dengan program prioritas Kabupaten dan Provinsi.

 

Sementara itu, Kepala Dispemasdes dan KB Tuban Mahmudi dalam kesempatan itu menyampaikan materi pembekalan itu tentang kebijakan umum, prespektif desa di masa depan, pengelolaan dan pelaporan keuangan serta aset desa, tupoksi kades dan perangkat desa.

 

Mahmudi menambahkan pasca pembekalan ini diharapkan kades mampu menjalankan program kerja dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa. [Amin]