Portaltuban.com
Rabu, 11 September 2019  08:08

LMDH Berjibaku Padamkan Kebakaran Hutan

LMDH Berjibaku Padamkan Kebakaran Hutan

http://portaltuban.com  - Puncak musim kemarau yang melanda Kabupaten Tuban, membuat kebakaran di wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Sigagak, Desa Minorejo, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban. Selasa, (10/09/2019).

 

Beruntung ada dua orang anggota dari Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wonolanggeng yang melihat insiden kebakaran tersebut dan langsung menghubungi petugas Perhutani KPH Tuban yang ada dilapangan.

 

Petugas yang datang langsung begegas memadamkan kobaran api, sehingga api tidak menjalar dan meluas ke area lainnya. Namun hal itu dilakukan hanya sebagai simulasi dan edukasi pengendalian kebakaran hutan oleh Perhutani KPH Tuban kepada masyarakat sekitar hutan.

 

Asisten Perhutani (Asper) KPH Tuban, Digwanto mengatakan, kegiatan simulasi kebakaran tersebut dilakukan bertujuan untuk mengedukasi masyarakat sekitar hutan tentang bahaya dan tata cara pengendalian kebakaran hutan.

 

Untuk itu, Perhutani KPH Tuban akan memberdayakan masyarakat sekitar hutan, jika ada kebakaran dapat menginformasikan kantor KPH dan petugas segera datang untuk melakukan pemadaman api.

 

"Ini kan musim kemarau, jadi kita mengadakan kegiatan pembuatan ilarang dengan tujuan, untuk mengedukasi masyarakat, jika ada orang yang tidak bertanggung jawab dan membuat ulah yang menyebabkan terjadinya kebakaran, maka masyarakat dapat segera melaporkan kejadian tersebut kepada petugas dan segera melakukan pemadaman," terang Pak Dig sapaan akrabnya.

 

Dengan adanya pembakaran hutan terkendali ini diharapkan agar masyarakat maupun petani tidak lagi membakar hutan. Agar tumbuhan yang berada dibawah pohon jati bisa berfungsi sebagai penyerapan air dan ketika musim hujan tidak mengakibatkan banjir.

 

Selain itu, adanya masyarakat yang berdekatan dengan hutan serta manfaat dari aplikasi Lapan Free Fire Hotspot yang telah di instal di masing-masing android petugas juga mampu memantau wilayah-wilayah yang terjadi kebakaran.

 

"Kami berharap, masyarakat sekitar hutan ikut menjaga hutan dan tidak sembarangan membakar lahan untuk pertanian," paparnya.

 

Sementara itu, anggota LMDH Wonolanggeng, Darmaji mengatakan, sebagai bentuk tanggung jawab LMDH kepada Perhutani ialah untuk ikut menjaga hutan dari segala bentuk kebakaran maupun gangguan keamanan hutan.

 

"Tanggung jawab kami selaku LMDH ialah ikut menjaga gangguan dan keamanan hutan," pungkasnya.