Portaltuban.com
Kamis, 14 November 2019  14:00

Festival Kuliner dan Memasak Meriahkan HJT 726

Festival Kuliner dan Memasak Meriahkan HJT 726
Ketua PKK Tuban Ibu Qodriyah (tiga dari kiri) saat mengunjungi stand lapak

Portaltuban.com –  Sebanyak 20 tim mengikuti festival kuliner dan 50 tim mengikuti lomba kreasi memasak yang memadati alun - alun Tuban.  Ibu-ibu dari Dharma Wanita ini hadir  menjadi peserta di acara yang diselenggarakan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora), dalam rangkaian hari jadi Tuban ke 726, pada Kamis (14/11).

 

Wabup Tuban Noor Nahar Hussein yang memberikan sambutan menyambut baik acara ini. Menurutnya ini bertujuan untuk memajukan kegiatan kepariwisataan.  Diharapkan hal ini terus dikembangkan, terutama dibidang kulinernya.

 

Dia menambahkan, Tuban merupakan Kabupaten yang kaya wisata, bukan hanya eksotisme alam yang berupa pantai, goa, gunung dan air terjun, melainkan ada wisata religi yang tidak kalah menariknya.

 

“Selain wisata-wisata itu, Tuban memiliki banyak kuliner khas yang dapat menarik lebih banyak wisatawan, khususnya kuliner rajungan,” jelasnya saat memberikan sambutan.

 

Output , lanjut Noor Nahar, kegiatan lomba memasak ini dapat menghasilkan kuliner yang tetap menjaga kultur kedaerahan dan akan menjadi penopang pariwisata di Tuban.

 

“Diharapkan pengunjung wisata alam dan religi tidak hanya numpang lewat, melainkan juga dapat menikmati kuliner khas kebanggaan Tuban,” harapnya.

 

Sementara itu, kepala Disparbudpora Sulistiyadi menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta dan kreativitas dalam menyajikan kuliner khas daerah.

 

“Dapat menjadi ajang untuk melestarikan dan mencintai makanan khas daerah,” ungkapnya.

 

Selain Festival Kuliner ini, berbagai kegiatan telah disiapkan untuk memeriahkan HJT. Ada Parade Tongklek, Senam Ayo Ning Tuban, Lomba Mewarnai Ibu dan anak, Tuban bersepeda dan pesta rakyat.  [Red]