Portaltuban.com
Rabu, 06 Februari 2019  08:24

Perbup Geser, 4 Pejabat Tuban Ganti Kursi

Perbup Geser, 4 Pejabat Tuban Ganti Kursi

Portaltuban.com-  Bertempat di ruang rapat Lantai 1 Sekretariat Daerah (Setda) Tuban, Sekretaris Daerah, Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si  melantik dan mengambil sumpah 4 (Empat) Pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tuban.

 

Para pejabat ini diantaranya, Kabid Pemerintahan dan Pembangunan Manusia pada BAPPEDA, Rochmad Harianto, ST., Kasubid Data dan Informasi pada BAPPEDA, Fahrur Rozi, ST., Ka. UPTD Produksi Benih Tanaman Pangan, Perkebunan dan Hortikultural pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, M. Arifin, SP. dan Kasi Pengembangan dan Perluasan Kesempatan Kerja pada Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Naker, Drs. Fauzi Mahrus, MM.

 

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban mengucapkan selamat kepada para pejabat yang dilantik, yang sebenarnya pelantikkan hari ini  merupakan tindak lanjut dari pelantikkan bulan lalu. Mengingat saat itu para pejabat tersebut belum bisa diambil sumpah jabatan, karena ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan.

 

“Kalau tahun-tahun sebelumnya tanpa pelantikkan ini bisa, namun untuk saat ini berdasarkan peraturan perundang-undangan ASN tetap harus dilantik ulang,” terangnya.

 

Mantan kepala Bappeda ini menyampaikan, pelantikkan pada bulan Januari yang dilanjutkan di bulan ini merupakan hasil evaluasi secara terintegrasi, terpadu dan tentunya berdasarkan berbagai rangkaian tahapan. Khususnya mulai di masing-maisng OPD sampai dengan di tingkat pimpinan.

 

“Sebagai ASN tentunya harus menerima, karena semuanya itu berdasarkan dari hasil evaluasi,” kata Sekda.

 

Sekda juga menegaskan, ada beberapa hal terkait dengan perubahan-perubahan nomenklatur di masing-masing OPD, di Bappeda, PTSP dan di beberapa OPD lainnya terjadi di perubahan Perbup terkait dengan tugas dan kewenangan yang tentunya juga harus dilakukan pelantikkan.

 

Pada kesempatan itu, Sekda berpesan agar bersama-sama meningkatakan kinerja di  masing-masing OPD, karena sistem yang di bangun di jajaran Pemkab Tuban ini tidak ada lagi OPD yang perananya sangat penting, tidak ada istilah OPD kering, setengah basah setengah kering.

“Karena masing-masing struktur organisasi kita sudah ada beban kerja dan target-target kinerja yang harus di emban. Tentunya juga ada konsekuensi-konsekuensinya , saat ini juga sudah ada tunjangan kinerja dan sebagaianya,” tegasnya.

 

Untuk penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dalam skala Kabupaten yang optimal sesuai target kinerja, tidak ada lagi dominasi beberapa OPD. Semua OPD dan di dalam OPD sendiri yang di dukung struktur-struktur sampai dengan tingkat paling bawah.

 

“Ketika ada struktur/komponen-komponen yang tidak berjalan tentunya akan mempengaruhi keberhasilan di setiap jenjang,” imbuhnya.

 

Lebih lanjut, Sekda berharap semua struktur, hingga yang paling bawah agar bisa bekerja secara optimal. Karena ini nantinya akan berkontribusi secara berjenjang dalam rangka pencapaian kinerja di tingkat Kabupaten, yang nantinya tingkat Kabupaten menyumbang di tingkat Provinsi tentunya dalam skala selanjuntya di tingkat Nasional.

 

“Saya yakin bapak-bapak yang dilantik hari ini bisa melanjutkan peran/ tupoksi yang sudah di emban, dengan tantangan dan permasalahan yang semakin hari sangat dinamis, tidak hanya di internal namun juga eksternal persaingan diantara Kabupaten/ Kota/dan di tingkat Provinsi harus benar-benar kita siapkan,” harap Sekda.

 

Turut hadir dan menyaksikan, diantaranya oleh Asisten Pemerintahan Sekda Kabupaten Tuban, Drs. Joko Sarwono, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Tuban, Ir. Sunarto, Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Tuban, Drs. Achmad Amin Sutoyo, Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Drh. Kartono dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Ir. Choliq Qunnasich. (Afi).